Image default
Pilihan Editor Resep Cemilan Seru Resep Masakan Sehari-hari

5 Makanan Sederhana yang Wajib Disantap Saat Musim Hujan

Musim hujan terkadang memang menyebalkan, selain kamu yang ngga bisa keluar rumah kadang cuaca yang dingin bikin kamu males beraktivitas.

Tapi ga semua menyebalkan saat musim hujan loh, justru ada beberapa makanan yang nikmat banget kalo kita santap pas ujan gede. Wah apa aja ya makanannya?

Yuk dari pada males-malesan saat hujan, mending kita belajar masak. Tenang, resep di bawah ini mudah kok.

5 resep makanan sederhana yang cocok banget jadi santapan saat musim hujan :

1. Pisang goreng dan coklat panas

 

Sumber: Google

Makanan tersebut sepertinya memang jodoh yang cocok untuk disantap saat hujan ya. Berikut cara membuat dan bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat pisang goreng dan coklat panas.

 Pisang Goreng 
  • Bahan-bahan:
  1. Pisang kepok 6 buah
  2. 6 sdm tepung terigu
  3. 3 sdm gula pasir (sesuai selera manis kalian), jangan banyak-banyak ya nanti mudah gosong
  4. Minyak goreng secukupnya
  • Cara membuat: 
  1. Campurkan terigu dengan gula pasir kasih air secukupnya, aduk merata sampai tidak memiliki gumpalan-gumpalan kecil.
  2. Kupas pisang, belah jadi dua atau sesuai selera kemudian lumuri pisang dengan tepung.
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng pisang.
  4. Jika minyak sudah mendidih, masukan pisang yang sudah dilumuri tepung tadi.
  5. Goreng pisang sampai coklat keemasan, jika sudah angkat dan tiriskan.
  6. Pisang goreng siap dihidangkan dengan jodohnya.
Coklat Panas 

Bisa juga sih pakai coklat bubuk yang instan, tapi kali ini aku mau kasih resep coklat panas racikan sendiri yah.

  • Bahan-bahan:
  1. 50 gr dark chocholate batangan
  2. 250 gr susu cair (bisa juga pakai susu bubuk)
  • Cara membuat: 
  1. Cairkan dark chocholate.
  2. Seduh susu cair dengan air panas.
  3. Lalu campurkan dengan coklat yang telah kamu lelehkan, aduk sampai kental dan rata.
  4. Coklat panas siap dihidangkan.

2. Jagung rebus dan teh hangat

Sumber: Google

Jagung rebus dan teh hangat adalah makanan yang simple banget tapi cocok banget dimakan saat cuaca dingin tepatnya musim hujan.

Jagung rebus
  • Bahan-bahan:
  1. 8 buah jagung atau sesuai selera
  2. Air secukupnya
  3. Gila pasir
  4. Garam
  • Cara membuat :
  1. Kupas jagung kemudian potong menjadi dua atau sesuai selera.
  2. Cuci jagung hingga bersih.
  3. Siapkan air dalam panci dan didihkan.
  4. Masukkan jagung dan rebus jagung sampai 20 menit saja kemudian angkat dan sisihkan.
  5. Setelah disisihkan, diamkan selama 10 menit sebelum dihidangkan dengan pasangannya.
Teh hangat

Teh itu minuman sederhana yang bisa kita aplikasikan dengan bahan apa saja. Berikut resep teh manis hangat yang dicampur dengan kayu manis.

  • Bahan-bahan:
  1. 3 buah kayu manis
  2. 1 teh celup merek apa saja
  3. 1 sdm gula atau sesuai selera
  4. Air mineral
  • Cara membuat:
  1. Cuci kayu manis, kemudian rebus kayu manis dengan segelas air mineral atau sesuai selera 5 menit saja.
  2. Siapkan gula dan teh di dalam gelas.
  3. Jika air rebusan kayu manis sudah mendidih, silahkan tuangkan ke dalam gelas yang ada teh dan gula.
  4. Teh manis hangat siap dihidangkan.

3. Soup Cream

Sumber: Google

Soup cream adalah makanan sederhana dari krim atau susu dan kemudian ditambahkan sayuran,  Makanan ini terkenal di Amerika Utara sebagai tipe umum dari soup kentang kalengan.

Soup cream
  • Bahan-bahan:
  1. 1 buah jagung manis
  2. 1 buah wortel atau sesuai selera
  3. 1 sachet susu dancow yang dicairkan dengan 240 ml air
  4. 2 sdm maizena dilarutkan dengan 3 sdm air
  5. 1 siung bawang bombay iris tipis dadu
  6. 2 siung bawang putih cincang tipis
  7. Toping, keju (parut) bisa pake oregano, seledri atau daun bawang
  8. 2 Sdm margarin (untuk menumis)
  9. Merica bubuk, kaldu bubuk, dan garam
  • Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan harum dengan margarin.
  2. Masukkan air 1 gelas  penuh.
  3. Kemudian masukan wortel dan jagung.
  4. Jika dirasa wortel sudah cukup matang (empuk), masukkan susu yang sudah dilarutkan (pakai susu UHT juga bisa).
  5. Kalau sudah meletup-letup, masukan maizena yang sudah dilarutkan juga sambil diaduk ya agar tidak menggumpal dan mengeras.
  6. Lalu masukkan merica bubuk, kaldu bubuk, dan garam secukupnya.
  7. Kalo dirasa sudah cukup, matikan api. Sajikan di mangkuk dan taburi toping. Jadilah cream soup hangat, lezat, dan gurih.

4. Indomie tek-tek

Sumber: Google

Indomie adalah makanan sederhana yang bisa dikreasikan dengan berbagai bahan sesuai selera. Indomie juga makanan yang sangat cocok dijadikan santapan saat musim hujan.

Indomie tek-tek
  • Bahan-bahan:
  1. 1 bungkus indomie rasa apa saja yang penting yang kuah
  2. 5 siung bawang merah
  3. ½ buah tomat merah
  4. ½ buah jeruk limau
  5. 10 buah cabai (cabai rawit dan cabai keriting sesuai selera)
  6. 1 butir telur
  7. 5 butir bakso atau sosis
  8. ¼ buah kol
  9. Minyak goreng secukupnya
  • Cara membuat:
  1. Didihkan air lalu masukkan mie hingga setengah matang lalu tiriskan.
  2. Panaskan minyak sedikit di wajan lalu tumis bawang dan cabai.
  3. Masukkan bakso atau sosis serta kol tumis bersamaan.
  4. Tambahkan air dan tunggu sampai setengah mendidih.
  5. Masukkan mie yang sebelumnya telah direbus setengah matang beserta bumbu instan yang terdapat dalam mie.
  6. Tambahkan pula garam, daun bawang dan tomat sesuai selera kemudian aduk rata.
  7. Sajikan dalam piring dan tambahkan bawang goreng juga telur yang sudah direbus.

5. Tomyam Ayam

Sumber: Google

Tomyam adalah makanan berkuah dengan bumbu yang sangat khas dengan cita rasa pedas tetapi memberikan kesegaran dalam setiap seruput kuahnya.

Tomyam Ayam
  • Bahan-bahan:
  1. 250 gr dada ayam
  2. 250 gr udang
  3. 10 butir bakso ayam, belah dua
  4. 1/2 siung bawang bombay
  5. 1 buah wortel, iris
  6. 5 buah buncis, iris
  7. 100 gr jagung muda
  8. 700 ml kaldu udang
  9. 5 cm lengkuas
  10. 3 cm jahe
  11. 8 daun jeruk nipis
  12. 2 buah jeruk nipis
  13. Garam
  14. Secukupnya minyak
  • Bumbu halus:
  1. 10 buah cabe merah
  2. 15 buah cabe rawit atau
  3. 8 siung bawang merah
  4. 5 siung bawang putih
  5. 3 butir kemiri
  • Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay dan bumbu halus hingga harum.
  2. Kemudian masukkan serai, jahe, lengkuas, dan daun jeruk nipis masak hingga matang.
  3. Masukkan kaldu udang, masak sampai mendidih.
  4. Masukkan daging ayam, udang, bakso dan sayuran lainnya. Masak hingga matang.
  5. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan garam.
  6. Test rasa, jika sudah pas tomyam pun siap disajikan.

Nah itu tadi adalah 5 makanan sederhana yang cocok banget untuk jadi hidangan saat musim hujan. Selamat mencoba dan selamat menikmati musim hujan yang penuh berkah ini.

 

 

Related posts

Bihun Goreng

admin

Opor Tahu Dan Telur

admin

Jengkol Cabe Hijau

admin